Pelajari Bagaimana Memulai Karir di Industri Fashion

  • Whatsapp
Fashion

Industri fashion kian berkembang seiring berjalannya waktu, tak jarang brand-brand baru mulai bermunculan dan meramaikan outlet-outlet pusat perbelanjaan. Sekarang, tak perlu menyewa toko offline karena kios online mulai bermunculan dan menawarkan fitur-fitur menarik untuk memudahkan para pengusaha. Kini bukan hal yang mengkhawatirkan lagi jika Anda ingin menerjunkan diri ke industri fashion.

Gaya hidup yang mulai berkembang makin mengklasifikasikan desain, dan karakteristik masing-masing konsumen. Hal inilah yang menjadi peluang besar bagi pengusaha agar semakin mudah menciptakan produk fashion. Mereka yang ingin terjun di dunia usaha semakin mudah menyasar pasar dan menciptakan citra dengan mudah. Disinilah peluang besar untuk Anda memulai usaha, atau bekerja pada industri yang mulai berkembang di era ekonomi kreatif ini.

Temukan karir yang menyenangkan di Industri fashion

Sekilas, mendapatkan pekerjaan di industri fashion sepertinya merupakan karier yang keren di era industri kreatif ini. Tampaknya juga ada banyak uang yang bisa dihasilkan dari karier di bidang mode, terutama jika Anda bermimpi menjadi Ralph Lauren, Calvin Klein, atau Donna Karan di masa yang akan datang. Selama  Anda memiliki tekad, bakat, dan kemauan untuk melakukan apa yang diperlukan untuk menjadi sukses, inilah waktunya untuk memikirkan cara-cara untuk mendapatkan pengalaman di lapangan dan memulai diri Anda sendiri. Magang pada industri mode terlebih dahulu juga tidak apa-apa, paling tidak Anda belajar bagaimana industri besar memegang kendali. Atau belajar bagaimana caranya mereka membuat sebuah brand dan membuat semua pakaiannya dari hulu ke hilir.

Selain bakat artistik dan minat pada mode, individu yang mengejar karir di industri ini perlu memiliki keterampilan tertentu untuk dapat mempromosikan dan memulai diri mereka sendiri. Di atas keterampilan teknis dan pelatihan yang Anda terima di sekolah mode, Anda perlu belajar cara membangun jaringan seperti seorang profesional untuk mendapatkan pekerjaan mode tingkat pemula setelah lulus.

Pelatihan dan Kualifikasi

Karena ada begitu banyak jenis pekerjaan di industri fashion, berbagai macam keterampilan diperlukan berdasarkan jenis pekerjaan yang ingin didapatkan. Untuk menjadi perancang busana, Anda harus memiliki jiwa artistik dan memiliki banyak kreativitas untuk menjadi sukses dan melawan persaingan.

Kursus matematika, seni, bahasa Inggris, bisnis, pidato, dan menjahit dapat memberikan dasar untuk berkarir di bidang fashion. Menghadiri sekolah atau perguruan tinggi yang berfokus pada seni dan desain kostum juga sangat disarankan. Untuk menjadi seorang perancang busana, pendidikan dan pelatihan formal dalam perancangan busana itu penting. Ada kursus dan program associate, sarjana, magister, dan sertifikasi yang dapat mengajarkan dasar-dasar memulai karir dalam desain fashion.

Mungkin diluar sana ada yang menjadi perancang busana karena belajar secara otodidak, tetapi sekolah fashion di era ini begitu banyak pilihan. Artinya akan banyak persaingan diluar sana, sehingga Anda mungkin akan selangkah lebih lambat dibandingkan mereka yang pernah sekolah fashion. Selama ada kesempatan dan peluang, utamakan pendidikan formal di bidang fashion karena dari sekolah Anda akan mengerti dasar-dasar membuat pakaian, menciptakan desain yang menarik dan sesuai untuk orang-orang dan mengarahkan pikiran Anda pada hal-hal logis sehingga desain dapat diterima di masyarakat.

Karir di Fashion

Orang yang berpikir untuk bekerja di industri fashion seringkali adalah mereka yang suka menjahit atau mendesain pakaiannya. Padahal jika Anda lulusan kuliah non-fashion juga bisa bekerja pada industri ini. Tidak harus merancang, membuat, Anda juga bisa membantu memasarkan dengan cara yang kreatif. Pekerjaan di industri fashion dengan gelar tanpa sekolah desain adalah:

  • Hubungan Masyarakat
  • Desain busana
  • Manajemen Produk
  • Jurnalisme Mode
  • Fotografi Fashion
  • Pemasaran Fashion
  • Fashion Merchandising
  • Seni Pertunjukan Mode
  • Membeli Fashion

Ketika Anda berkecimpung di dunia fashion, ciptakan brand Anda sendiri atau bantu atasan Anda untuk menemukan label yang tepat. Karena penciptaan brand pada pakaian terletak pada label produknya. Anda bisa memilih label baju jakarta sebagai solusi branding perusahaan.

Related posts