Perlu Diketahui, Inilah Cara Kerja Aplikasi POS

  • Whatsapp
Cara Kerja Aplikasi POS

Melakukan sebuah usaha dengan mudah dan simple tentu merupakan impian dari banyak pelaku bisnis. Nah, apabila Anda juga menginginkan hal tersebut, maka aplikasi POS bisa menjadi pilihan Anda untuk membantu menjalankan usaha Anda saat ini.

Cara Kerja Aplikasi Point of Sales

Aplikasi point of sales tentunya memiliki sistem kerjanya sendiri. Pada artikel kali ini, kami akan coba jelaskan secara mendetail tentang cara kerja aplikasi point of sales satu persatu.

  1. Transaksi

Aplikasi POS akan membantu pelanggan untuk melakukan transaksi pembayaran, baik secara kredit maupun debit. Biasanya aplikasi poin of sale memang akan dilengkapi dengan fitur yang mampu mengintegrasikannya dengan bank yang dimiliki oleh tempat usaha. Tidak hanya itu, biasanya aplikasi poin of sale juga akan dilengkapi dengan financial tracking sistem.

Sebagai contoh nyatanya, biasanya salah satu fitur yang ada dalam aplikasi point of sales dalam fitur finansial adalah perhitungan pajak. Dalam transaksi jual beli akan ada pajak penjualan yang harus dibayar, nah dengan aplikasi ini maka penjual tidak perlu melakukan perhitungan secara manual.

  1. Berbasis Internet

Untuk Anda yang memiliki usaha dengan beberapa cabang, maka aplikasi POS dengan basis internet akan menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan. Karena, dengan basis internet ini, maka laporan transaksi dalam bentuk apa pun, dari cabang mana pun akan bisa Anda terima dengan cepat kapan pun itu.

Fitur lainnya yang juga dimiliki oleh aplikasi point of sales adalah sistem akuntansi yang lengkap, sehingga memungkinkan akses keuangan kapan pun di mana pun. Tidak hanya fitur akuntansi, biasanya fitur aplikasi point of sales lainnya juga terintegrasi secara online. Jadi beberapa hal seperti back up data, dan lain sebagainya dapat dilakukan secara online.

  1. Perangkat Keras

Tidak hanya berbentuk software aplikasi POS juga harus didukung dengan hardware yang mumpuni, Salah satu fungsi hardware adalah untuk melakukan cetak struk dari hasil transaksi yang telah dilakukan. Mesin cetak atau printer yang biasanya dapat terhubung ke aplikasi poin of sale adalah printer dot matric dan printer thermal.

Jika hardware pilihan telah tersambung pada aplikasi poin off sale maka usia transaksi cash drawer akan bisa terbuka, dan catatan transaksi bisa langsung di print. Untuk menjaga keamanan, baiknya Anda memilih hardwer cash drawer yang hanya dapat dibuka secara manual oleh owner ataupun manajer.

Satu hardwer lainnya yang juga peting untuk melakukan transaksi dengan menggunakan aplikasi Poin of Sale adalah barcode scanner yang akan digunakan untuk memindai harga barang. Dengan menggunakan hardware satu ini, maka dipastikan proses transaksi juga akan semakin cepat, sehingga meningkatkan rasa nyaman pada pelanggan.

Mengapa menggunakan barcode scanner bisa mempercepat  proses transaksi? Hal ini dikarenakan pada sistem aplikasi poin of sale akan memungkinkan Anda untuk melakukan input seluruh harga produk yang Anda jual, sehingga ada barcode tertentu yang discan maka secara otomatis sistem akan menampilkan harga produk tersebut.

Salah satu aplikasi POS terbaik bisa Anda dapatkan di Youtap.id, dengan menggunakan aplikasi dari kami, kami menjamin seluruh transaksi seperti transaksi jual beli, laporan penjualan harian, hingga performa toko harian akan bisa Anda pantau dengan sangat mudah. Aplikasi point of sales dari Youtap.id adalah solusi bagi para pelaku bisnis yang membutuhkan nilai praktis dan peningkatan layanan pelanggan.

Related posts