Tips Rafting untuk Pemula yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mencoba

Halaman ini mengenai tips rafting untuk pemula yang perlu anda ketahui sebelum mencoba aktivitas river rafting pertama kali di pulau Bali. Tips rafting untuk pemula di halaman ini akan sangat efektif anda terapkan, jika anda mengikuti aktivitas arung jeram di pulau Bali. Untuk aktivitas arung jeram di daerah lain, saya kurang tahu apakah tips arung jeram untuk pemula pada halaman ini akan efektif. Karena perbedaan sungai dan standar keamanan.

Aktivitas Arung Jeram Di Pulau Bali

Untuk peserta aktivitas arung jeram di Bali saat ini masih di dominasi oleh wisatawan asing, khususnya wisatawan Australia. Aktivitas Bali rafting sudah menjadi primadona terutama untuk wisatawan luar negeri dan mereka selalu ingin mengulang untuk mencoba. Lalu bagaimana dengan wisatawan domestik? Tiap tahun peserta aktivitas Bali rafting trip untuk wisatawan Indonesia semakin meningkat.

Banyak orang ragu untuk melakukan aktivitas arung jeram di Bali, karena merasa tidak dapat berenang atau takut terbawa arus sungai. Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah untuk dapat mengikuti aktivitas rafting tour di Bali, harus dapat berenang?

Jawabanya tidak harus dapat berenang untuk dapat ikut aktivitas arung jeram di Bali. Kenyataanya banyak peserta Bali rafting tour tidak dapat berenang, namun tetap ikut dalam aktivitas olah raga air Bali rafting tour.

Tips Rafting untuk Pemula dan yang Pertama Kali Mencoba

Untuk memperkecil resiko aktivitas rafting, maka dari itu tips rafting untuk pemula di halaman ini wajib anda ketahui sebelum mencoba aktivitas arung jeram di pulau Bali.

1. Operator Rafting Terbaik untuk Peserta Pemula

Selain pilihan sungai tempat rafting di Bali, ada juga pilihan operator penyedia rafting. Di masing – masing sungai terdapat banyak pilihan operator penyedia rafting, dari harga murah sampai harga mahal.

Karena anda seorang pemula dalam aktivitas Bali rafting, maka saya yakin prioritas utama anda adalah rasa aman dan nyaman saat rafting. Oleh karena itu, maka saya hanya akan merekomendasikan operator rafting yang memiliki rekor keselamatan 100 %.

2. Perhatikan Kondisi Badan, Stamina & Kesehatan

Jika anda ingin melakukan aktifitas rafting di Bali, sebaiknya pastikan diri anda dalam keadaan yang sehat. Apabila satu hari sebelum aktivitas rafting, anda mengalami penurunan kesehatan, seperti deman dan pilek. Mohon segera batalkan aktivitas rafting anda!

Jika anda memaksakan ikut aktivitas rafting dengan kondisi stamina dan kesehatan menurun, akan membuat aktivitas rafting trip menjadi tidak menyenangkan. Kondisi kesehatan dan stamina anda adalah prioritas nomer 1 dalam tips rafting untuk pemula.

3 Beritahu Guide Rafting Apabila Anda Tidak Dapat Berenang

Walaupun anda tidak dapat berenang, tidak ada satu operator rafting di Bali yang akan menolak anda untuk dapat mengikuti aktivitas rafting di pulau Bali. Karena memang peserta yang tidak dapat berenang, tidak menjadi kendala untuk ikut dalam aktivitas olah raga arung jeram di Bali.

Namun jika anda tidak bisa berenang, jangan malu untuk menyampaikan kepada pemandu yang menemani anda saat Bali river rafting.

4. Pergunakan Pakaian Yang Tidak Menyerap Air

Tips rafting untuk pemula yang kelima andalah pergunakan pakaian yang tidak mudah menyerap air. Hindari menggunakan pakaian dari bahan katun, karena bahan katun sangat mudah dalam menyerap air.

Apabila saat Bali river rafting anda menggunakan pakaian yang mudah menyerap air, maka anda akan mengalami penurunan suhu tubuh. Penurunan suhu tubuh akan sangat cepat menguras stamina saat rafting tour. Selain itu pergunakanlah celana pendek dan untuk alas kaki, gunakan sepatu olah raga atau sandal gunung bukan sandal jepit.